Rabu

Harga Beras Naik, Pemerintah Siapkan Operasi Pasar


JAKARTA — Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu mengakui bahwa akhir-akhir ini telah terjadi peningkatan harga pangan khususnya beras. Menurutnya, hal itu disebabkan oleh gangguan terhadap faktor produksi, termasuk karena anomali cuaca.

Menurut Mari, pihaknya telah menentukan langkah-langkah dalam rangka menjaga kecukupan pasokan, stabilisasi harga, serta mengurangi atau mengimbangi dampak peningkatan harga bahan pangan terhadap masyarakat pendapatan rendah. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar.

“Pemerintah akan melaksanakan Operasi Pasar (OP) Raskin ke-13 di seluruh wilayah yang membutuhkan. OP diintensifkan pelaksanaannya berdasarkan jenis beras yang dikonsumsi masyarakat setempat, misalnya OP Beras Premium untuk wilayah Jakarta,” ungkapnya di Gedung Kemendag, Jakarta, Rabu (5/1).

Selain itu dalam rangka kelancaran arus barang dan mengurangi disparitas harga, Kemendag akan  berperan dalam pengembangan sistem logistik nasional. Yakni  dengan menggabungkan sistem transportasi dan pembangunan daerah yang terintegrasi menjadi sebuah konektivitas nasional.

Untuk memperkuat jaringan distribusi nasional yang merupakan bagian dari sistem logistik nasional, terang Mendag, pihaknya juga melakukan revitalisasi pasar tradisional yang ke depan akan dikembangkan sebagai pasar-pasar percontohan dan pembangunan gudang pangan.

“Pemerintah juga bekerjasama dengan pemerintah daerah telah melakukan revitalisasi terhadap 128 pasar tradisional, baik fisik maupun manajemen. Selain itu, revitalisasi fisik ini  dilakukan melalui pembangunan pasar baru maupun renovasi, sedangkan revitalisasi manajemen dilakukan dengan melaksanakan pelatihan dan pendampingan kepada pengelola, pedagang, serta melakukan sosialisasi program revitalisasi pasar tradisional kepada pemangku kepentingan di daerah,” jelasnya.

Disebutkan pula, Kemendag telah membangun 11 gudang di 11 kabupaten sentra produksi pangan selama tahun 2010, yang juga dilengkapi dengan Sistem Resi Gudang (SRG). Pemerintah juga membangun Gudang Komoditi Primer, pembangunan 35 dryer (pengering) untuk 35 gudang yang dibangun pada tahun 2009, serta pelatihan SRG kepada pihak terkait.(cha/jpnn)

Sumber Jaya Pos Group